New Wine International Church

View Original

Go Home Now

Ibrani 10:25
Janganlah kita menjauhkan diri dari pertemuan-pertemuan ibadah kita, seperti dibiasakan oleh beberapa orang, tetapi marilah kita saling menasihati, dan semakin giat melakukannya menjelang hari Tuhan yang mendekat

Gereja dan pertemuan-pertemuan ibadah merupakan sebuah “rumah” dimana kita sesama anak-anak Kristus dapat bertumbuh bersama, menerima, menguatkan, dan menasihati satu sama lain. Di dalam gereja pun kita dapat mendengar Firman Tuhan dimana kita bisa menumbuhkan iman kita. Roma 10:17 jadi iman timbul dari pendengaran, dan pendengaran oleh firman Kristus.

Semakin kesini, fokus kita semakin teralihkan dengan apa yang dunia tawarkan. Kita terlena dan lupa bahwa sebenarnya hidup kita di dunia ini hanya sementara dan kita sedang menantikan kedatangan Kristus. Beberapa dari kita mulai atau sudah mengabaikan pertemuan-pertemuan ibadah dan tidak menempatkan pertemuan ibadah sebagai prioritas dari kehidupan kita sehari-hari. Mengabaikan pertemuan-pertemuan ibadah dapat membuat kita kehilangan peneguhan, nasihat atau teguran, dan bantuan dari saudara seiman untuk lebih dekat dan bertumbuh dalam Tuhan. Pendengaran akan Firman Tuhan juga tidak akan didapatkan jika kita menjauhi ibadah-ibadah. Padahal, semakin mendekati saat kedatangan Kristus kembali, kita akan menghadapi banyak pergumulan rohani dan disitulah dimana kita membutuhkan peneguhan dan memerlukan saudara seiman untuk saling menguatkan satu sama lain.

Tuhan memerintahkan kita untuk selalu berjaga-jaga karena Tuhan bisa datang kapan saja, di waktu yang tidak kita duga seperti tertulis pada Wahyu 3:3 “Karena itu ingatlah, bagaimana engkau telah menerima dan mendengarnya; turutilah itu dan bertobatlah! Karena jikalau engkau tidak berjaga-jaga, Aku akan datang seperti pencuri dan engkau tidak tahu pada waktu manakah Aku tiba-tiba datang kepadamu.”

Mungkin renungan hari ini merupakan pengingat dari Tuhan kepada kita yang sudah lama menjauhkan diri dari pertemuan-pertemuan ibadah. Beberapa orang mungkin saja berpikir “Aku masih terlalu berdosa untuk datang beribadah ke gereja” atau “Setelah aku memaafkan saudaraku, aku baru akan datang ke gereja”. Justru, disaat kita kesulitan melepaskan diri dari dosa, disitulah kita sangat membutuhkan Tuhan dan dukungan dari saudara-saudara seiman di pertemuan-pertemuan ibadah. Berhenti berpikir Anda masih memiliki hari esok. Lebih baik berjaga-jaga dari sekarang daripada ketika nanti Kristus datang, kita didapati belum berjaga-jaga. Maka dari itu, jika Tuhan sudah memanggilmu untuk kembali kepadaNya, jangan abaikan itu dan lakukanlah sekarang.

Go home now.