New Wine International Church

View Original

Encouraging: Love & Thunder

Encouraging adalah salah 1 value yang dimiliki New Wine International Church. Secara umum, encouraging berarti memberi semangat atau dukungan. Memberi semangat atau dukungan yang dimaksud umumnya dilakukan kepada seseorang yang sedang memperjuangkan sesuatu atau dalam kondisi yang membuatnya down. Dengan demikian, orang tersebut mendapatkan percaya diri atau harapan yang bisa membuatnya keep going.

Dalam perjalanan sebagai murid Tuhan Yesus, setiap kita berjuang untuk mengerjakan keselamatan kita; melawan segala keinginan daging yang bertentangan dengan keinginan roh. Ada kalanya, keinginan daging tersebut begitu kuat, sehingga kita menjadi terjerat. Di saat seperti inilah, encouraging diperlukan. Murid yang satu meng-encourage murid yang lain. Tentunya, encouragement yang dimaksud bukan agar membuatnya semakin terjerat atau bahkan ‘berenang’ dalam keinginan daging/dosa tersebut, melainkan dengan cara menegur sesuai kebenaran FirmanNya dan mengarahkan pada pertobatan.

Sebagai seorang teman, salah satu bentuk kasih sejati yang bisa kita lakukan kepada sesama murid Tuhan Yesus adalah berani menegur apabila kita mengetahui teman kita sedang berjalan bertentangan dengan Firman-Nya.

“Orang yang benar-benar mengasihi akan berani menegur temannya. Siapa yang diam saja melihat temannya berbuat salah, berarti tidak sungguh mengasihinya. Seorang sahabat memukul dengan tujuan baik, tetapi seorang musuh memeluk dengan maksud tersembunyi.” Amsal 27:5-6 (TSI).

Kita harus berani meng-encourage teman kita yang sedang ‘berenang’ dalam keinginan daging/dosa untuk bangkit dan bertobat. Di saat inilah encouraging ibarat love and thunder. Bagi ia yang ditegur, teguran tersebut mungkin terasa seperti ‘geledek’ yang menyambar, namun itu adalah kasih nyata yang diberikan oleh temannya, agar ia tidak tenggelam dalam lautan dosa.

So, adakah temanmu yang sedang ‘berenang’ dalam keinginan daging/dosa? Jika ada, jangan tinggal diam! Beranilah menegurnya!

God bless you