New Wine International Church

View Original

Bear One Another’s Burdens

“Hendaklah kalian saling membantu menanggung beban orang, supaya dengan demikian kalian mentaati perintah Kristus.”Galatia‬ ‭6‬:‭2‬ ‭BIMK‬‬

Hidup dengan orang lain artinya bukan hanya tinggal dan berada berdampingan dengan orang lain. Tuhan tidak menghendaki kita untuk berada di dalam sebuah keluarga atau komunitas untuk hanya menjadi anggota yang pasif. Melainkan Ia menghendaki kita untuk berinisiatif saling tolong menolong dan memikul beban bersama. Menolong bukan merupakan namun merupakan tugas seluruh anggota.

Seperti cerita orang-orang yang membantu temannya yang lumpuh untuk dapat disembuhkan oleh Yesus pada Lukas 5:18-20 :
“Lalu datanglah beberapa orang mengusung seorang lumpuh di atas tempat tidur; mereka berusaha membawa dia masuk dan meletakkannya di hadapan Yesus. Karena mereka tidak dapat membawanya masuk berhubung dengan banyaknya orang di situ, naiklah mereka ke atap rumah, lalu membongkar atap itu, dan menurunkan orang itu dengan tempat tidurnya ke tengah-tengah orang banyak tepat di depan Yesus. Ketika Yesus melihat iman mereka, berkatalah Ia: ”Hai saudara, dosamu sudah diampuni.”

Dari kisah ini kita belajar bahwa kesehatian orang-orang yang tolong menolong dapat mendatangkan mukjizat Tuhan.

Selain itu, tidak hanya dengan sesama, pemimpin kita juga merupakan bagian dari Tubuh Kristus. Kita juga perlu memperhatikan kebutuhan dari orang-orang yang memimpin dan mengajar kita. Seperti pada Galatia 6:6 (BIMK) “Orang yang menerima pengajaran Kristus, hendaknya membagi dengan gurunya semua yang baik yang ada padanya”. Paulus disini mengatakan untuk kita memperhatikan kebutuhan dari guru-guru kita, baik itu kebutuhan secara rohani atau jasmani.

Mulai hari ini, alihkan fokusmu tidak hanya pada diri sendiri namun kepada orang-orang terdekatmu. Coba pantau orang-orang terdekat di dalam keluarga, gereja, atau komunitasmu, apakah ada dari mereka yang membutuhkan pertolongan atau penghiburan. Mari kita saling berlomba-lomba untuk menjadi orang pertama yang mengulurkan tangan kepada orang lain. Tubuh Kristus hanya akan berfungsi bila para anggota bekerja bersama untuk kebaikan bersama!