New Wine International Church

View Original

Semuanya Dipakai Untuk Memuliakan Tuhan

Apa pun juga yang kamu perbuat, perbuatlah dengan segenap hatimu seperti untuk Tuhan dan bukan untuk manusia.
Kolose 3:23

Tuhan telah memberikan talenta dan bakat kepada setiap orang, tanpa terkecuali. Talenta dan bakat yang dimiliki oleh setiap orang pasti akan berbeda satu dengan yang lainnya. Tetapi yg perlu ditekankan adalah kita tidak perlu membandingkan apa dan berapa jumlah talenta dan bakat yang kita miliki dengan orang lain, karena Tuhan memberikan talenta kepada setiap pribadi itu sudah ada tujuannya dari awal. Dia bukan Tuhan yang sembarangan dalam memberikan sesuatu kepada kita, termasuk talenta dan bakat, pasti ada maksud dan tujuanNya.

Lalu apakah yang harus dilakukan dengan talenta dan bakat tersebut? Bagian kita sebagai umat manusia adalah mengembangkan talenta yang kita miliki. Kita tidak boleh hanya berdiam diri tanpa melakukan apa-apa atas yang Tuhan sudah taruh didalam hidup kita.

Tuhan ingin kita dapat bergerak dan mengasah talenta serta bakat kita dan paling penting adalah mempergunakannya untuk kemuliaan Tuhan. Apapun yang ada pada diri kita termasuk talenta dan bakat sudah seharusnya untuk mempermuliakan Tuhan. Sehingga dari talenta serta bakat yang kita miliki, orang-orang bisa melihat Tuhan Yesus juga.

Namun, tidak dapat dipungkiri dalam mengasah talenta dan bakat, bisa jadi kita memiliki tantangan atau bahkan ketidakpercayaan diri pada talenta yg kita miliki. Ingatlah, Tuhan tidak terlalu peduli dengan hasil melainkan prosesnya. Tuhan memperhitungkan setiap usaha yang kita gunakan untuk mengembangkan talenta kita.

Tuhan ingin dalam proses mengasah talenta dan kemampuan tersebut, kita melibatkan Tuhan dan mempergunakannya untuk kemuliaan Tuhan.

Kita juga harus ingat bahwa Tuhanlah yang akan memampukan kita mengembangkan dan mempergunakannya untuk kemuliaanNya. Yuk, kembangkan talenta dan bakatmu. Mari layani Dia, sang Pemberi itu.