New Wine International Church

View Original

We Need God’s Grace

Pada bulan ini kita banyak belajar mengenai respon dan reaksi kita terhadap situasi. Respon dan reaksi kita merupakan kesempatan untuk memperlihatkan Kristus dan memuliakan Tuhan. Namun, apakah kamu merasa sebenarnya sulit untuk selalu memiliki respon hati dan reaksi yang mencerminkan Kristus di setiap adanya pergumulan? Memang seperti itu faktanya. Kita sendiri, dengan hanya mengandalkan kekuatan kita, tidak mampu untuk selalu hidup seperti Kristus. Kita memerlukan bantuan dan kasih karunia Tuhan untuk memampukan kita!

Pada 2 Petrus 1:2-3 dituliskan: Kasih karunia dan damai sejahtera melimpahi kamu oleh pengenalan akan Allah dan akan Yesus, Tuhan kita. Karena kuasa ilahi-Nya telah menganugerahkan kepada kita segala sesuatu yang berguna untuk hidup yang saleh oleh pengenalan kita akan Dia, yang telah memanggil kita oleh kuasa-Nya yang mulia dan ajaib.

‭Dari ayat ini, kita belajar bahwa pertama, kita tidak bisa hidup seperti Kristus; memiliki respon hati dan reaksi seperti Kristus jika kita tidak memiliki hubungan yang intim dan dekat dengan Kristus, dan tidak mengenal Kristus. Untuk dapat menikmati hak istimewa yang Allah berikan, yaitu kasih karunia dan damai sejahtera, kita harus bertumbuh dalam pengenalan kita akan Tuhan dan bertumbuh melalui hubungan yang kita bangun dengan Tuhan setiap harinya.

Kedua, kita belajar bahwa kita sendiri tidak mampu untuk hidup saleh dan hidup seperti Kristus. Dikarenakan Tuhan mengetahui bahwa kita tidak memiliki kemampuan tersebut, Tuhan menganugrahkan kita sebuah pertolongan melalui RohNya untuk dapat menolong kita hidup bagi Dia. Kasih karunia dari Tuhan ini yang dapat memampukan kita untuk dapat hidup menyerupai Kristus; memiliki respon hati dan reaksi yang seperti Kristus ketika menghadapi tantangan hidup.

Bukti nyata seseorang memiliki hubungan yang erat dengan Tuhan adalah ketika orang tersebut dapat dimampukan melebihi kekuatannya sendiri untuk dapat memiliki respon hati dan reaksi yang mencerminkan Kristus.

Terakhir, dari ayat ini kita juga belajar bahwa kita sudah diberikan segalanya untuk dapat hidup saleh. Terjemahan NLT dari 1 Petrus 2:3 menuliskan kalimatnya dengan lebih jelas: “By his divine power, God has given us everything we need for living a godly life”.

Setelah mendapatkan anugerah dari Tuhan, berikutnya adalah tugas kita untuk mau dan berusaha mempergunakan anugerah dari Tuhan dan mengusahakannya untuk kemuliaanNya!