Set The Right Priority First !

'Tetapi carilah dahulu Kerajaan Allah dan kebenarannya, maka semuanya itu akan ditambahkan kepadamu.' - Matius 6:33

Membaca Matius 6:33 biasanya membawa diri saya pada pemikiran tentang penyediaan Tuhan. Akan tetapi seringkali saya melewatkan sebuah poin penting, yaitu tentang pengaturan prioritas yang sangat penting untuk kita lakukan, bahkan dalam perencanaan keuangan.

Ketika saya mendengar penjelasan tentang ayat ini, saya diingatkan untuk memprioritaskan pencarian terhadap Kerajaan Allah terlebih dahulu. Ini berarti kita harus mengutamakan hubungan kita dengan Tuhan dalam semua aspek kehidupan kita, termasuk dalam pengelolaan keuangan.

Hal ini juga dikuatkan oleh rasul Paulus di dalam Kolose 3:2 untuk memikirkan perkara yang di atas, bukan di bumi.

Jika kita merencanakan keuangan sesuai dengan Matius 6:33, maka perencanaan kita akan selaras dengan kehendak Allah. Ini mencakup prinsip-prinsip seperti kejujuran, keadilan, dan tanggung jawab dalam pengelolaan uang yang telah diberikan kepada kita. Prinsip-prinsip tersebut akan membuat kita mengelola uang dengan lebih mindful.

Kita akan dapat memilah mana pengeluaran yang baik dan yang tidak jika kita memahami apa yang Tuhan kehendaki sebagai pemenuhan kebutuhan kita.

Satu hal lagi yang menarik, apabila prinsip-prinsip tersebut juga kita terapkan dalam hidup kita di marketplace, maka sikap kita dalam memandang dan menjalani pekerjaan kita juga akan berubah ke arah yang lebih baik. Dan jika kita dapat menjalani pekerjaan yang lebih baik, hubungan dengan rekan kerja dan bisnis juga dapat menjadi lebih baik dan dapat meningkatkan produktivitas pekerjaan serta meningkatkan pemasukan.

Mari kita benar-benar renungkan dan aplikasikan ayat ini dalam hidup kita. Jadikan Tuhan fokus kita terlebih dahulu, maka Ia akan menggenapi janji penyediaanNya! Tuhan Yesus berkati!

Previous
Previous

Ubah Prioritas Hidup

Next
Next

Nyaman dengan “Pas”