Kebenaran Firman Tuhan Untuk Mental Health Yang Benar

1). Gak Semua Tempat Itu Tempat Healing (1 Tesalonika 2:1,17)
Di ayat ini, Paulus cerita tentang bagaimana dia tetap setia walau harus ngalamin banyak hal sulit. Nah, sama seperti di hidup kita, gak semua tempat, entah itu gereja, mentor, keluarga, atau sahabat, bisa jadi tempat healing.

Malah kadang-kadang, gereja jadi alasan orang menjauh dari Tuhan. Intinya, kita harus fokus ke Tuhan dan Firman-Nya, bukan cuma ngandalin orang atau tempat di sekitar kita.

2). Saling Bantu Ngangkat Beban (Galatia 6:2)
Gereja tuh harusnya jadi tempat yang melindungi, bukan malah nambahin beban. Dalam Galatia 6:2, kita diajarin buat saling bantu, saling ngangkat beban satu sama lain.

Artinya, gereja harusnya bisa bikin komunitas yang peduli dan suportif, bukan yang malah bikin kita tambah stres atau tertekan.

3). Pentingnya Keluarga yang Sehat Mentalnya (Lukas 5:17-26)
Di cerita Yesus nyembuhin orang lumpuh (Lukas 5:17-26), kita bisa lihat kalau Yesus punya kuasa buat nyembuhin, baik fisik maupun mental.

Gereja harus bisa bantu keluarga, terutama orang tua, buat ngasih kasih sayang yang bener ke anak-anak mereka, supaya mental health anak-anak juga jadi sehat. Selain itu, gereja juga harus melahirkan pemimpin yang gak cuma jago mentoring, tapi juga bisa bikin lingkungan yang sehat buat semua.

4). Gereja: Termostat, Bukan Termometer
Gereja itu harus kayak termostat, yang bisa ngatur suasana jadi lingkungan yang sehat dan bikin kita bertumbuh. Bukan kayak termometer, yang cuma ikut-ikutan suasana dunia.

Gereja juga gak boleh ikut-ikutan nge-normalisasi atau meromantisasi masalah mental health, tapi harus ngajarin kita buat cari penyembuhan sejati di dalam Tuhan dan Firman-Nya.

Jadi, intinya kita diingatkan bahwa buat punya mental health yang bener, kita harus balik ke kebenaran Firman Tuhan. Gereja dan komunitas kita harusnya jadi tempat yang bisa bantu healing, bukan malah bikin kita tambah jauh dari Tuhan.

Previous
Previous

When My Mental Health is Suffering

Next
Next

Ministry of Presence